Kanal Muda wadah persatuan berbagai kelompok muda untuk solidaritas sosial.

Pentingnya perjuangan Kanal Muda di Lapangan Organisasi, Sosial dan Pendidikan

2 menit waktu baca

 

Pertama-tama, berbagai bentuk organisasi yang ada, sampai hari ini, tidak bisa dilepaskan dari tujuan bersama yang dibangun untuk peningkatan kualitas hidup, baik dalam segi ekonomi, sosial politik, dan kebudayaan. Organisasi pertama di Indonesia, SS Bond, melakukan pekerjaan tersebut untuk menjamin penghidupan ekonomi mampu terpenuhi dengan baik. Selanjutnya bermunculan tipikal lebih lanjut yang lebih maju, seperti VSTP, Boedi utomo, Sarekat Islam dan lain sebagainya. Arah juang pergerakannya lebih menyeluruh. Tidak hanya persoalan ekonomis. Upaya peningkatan sosial pendidikan dijalankan dengan mekanisme yang lebih tertata.

Kedua, Kanal Muda sebagai wadah jejaring bersama dari berbagai organisasi sosial yang ada tidak bisa menutup mata dari gerak sejarah tersebut. Kanal Muda sebagai wadah persatuan dan solidaritas penting untuk memberikan peran aktifnya yang terhubung dengan peningkatan program terencana pada Tiga lapangan tersebut. Pada lapangan organisasi untuk semakin menggiatkan program dan mekanisme dari organisasi yang ada dalam berbagai tahapan. Pendidikan untuk menguatkan perspektif garis perjuangan pada masyarakat dan anggota organisasi sebagai penentu prinsip dan tindakan. Serta, sosial sebagai keberpihakan dan dedikasi yang selalu diupayakan untuk hadir sebagai solusi dari berbagai permasalahan dan giat yang terus dilakukan.

Ketiga, memang tidak bisa dipungkiri, Kanal Muda adalah wadah persatuan yang awalnya ditujukan untuk merespon situasi pandemi covid-19. Namun dalam perjalanannya, situasi persatuan dan solidaritas ini tidak cukup hanya berhenti pada satu-dua momentum semata. Slogan persatuan dan solidaritas tidak hanya bisa berhenti dalam waktu yang sebentar, persatuan dan solidaritas adalah langgam yang penting untuk membimbing kerja-kerja pengorganisasian yang selalu membutuhkan kekuatannya yang bertambah besar demi berbagai peningkatan yang akan dicapai.

Keempat, Indonesia sebagai negeri dengan berbagai permasalahan yang dalam berbagai prakteknya, ditemui masalah sosial pendidikan yang seringkali membebani mayoritas rakyatnya, tak terkecuali pemuda. Permasalahan tersebut memiliki kaitan erat dengan situasi ekonomi politik yang tidak mencerminkan fungsi negara yang seharusnya memberikan jaminan dan perlindungan untuk rakyatnya. Pemuda, sebagai bagian dari kelompok masyarakat dalam rentang usia 18 – 35 tahun ini menghadapi ancaman yang rentan bisa menyerang dirinya, hal tersebut seperti jaminan pendidikan yang tidak memadai serta lapangan pekerjaan yang sulit dan tidak memberikan ruang terbukanya. Pemuda, sebagai tulang punggung sejarah karena kemampuan terbaiknya mau tidak mau harus menjalankan peran terbaiknya untuk menjadi solusi dalam berbagai permasalahan ini.

Kelima, penting sekali bagi Kanal Muda dan berbagai organisasi yang terjejaring di dalamnya untuk merumuskan bentuk dan program yang semakin tepat untuk perjalanannya lebih lanjut. Contohnya seperti Investigasi yang terus menerus dilakukan untuk mengenali dan mengerti kenyataan sosial yang terjadi, Perencanaan yang terkelola dengan tepat, pengorganisasian dengan mekanisme yang bertanggungjawab, serta kegiatan yang senantiasa dijalankan untuk peningkatan gerak organisasi, sosial pendidikan, serta hal-hal yang menyertainya. Kordinasi dan komunikasi yang membangun dan saling melengkapi penting untuk terus digelorakan. Berbagai inovasi dan karya yang bernilai solutif juga tidak bisa menjadi bagian yang terpisahkan.

Keenam, penting sekali menguatkan gerak dan perjuangan Kanal Muda yang melibatkan peran aktif organisasi-organisasi yang terlibat di dalamnya penting untuk menyiapakan bangunan pondasi yang kuat. Hal ini dilakukan sebagai wadah perluasan yang semakin menghubungkan kelompok atau organisasi pemuda di berbagai tempat atau wilayah untuk terhubung dalam arah perjuangan yang semakin meningkat. Berbagai organisasi yang terjejaring di Kanal Muda, dalam berbagai prakteknya, sampai hari ini, terhitung telah melakukan upaya-upaya tersebut. Kegiatan rapat berkala, bimbingan belajar gratis untuk anak, pasar murah, pasar online bersama, pemberian support konsumsi, ekonomi mandiri kreatif, kepedulian lingkungan, dan berbagai hal lainnya telah tercatat menjadi giat solutif yang membuktikan peranan kolektif pemuda dalam pengabdiannya di masyarakat.

Ketujuh, kepemimpinan kolektif sebagai pemandu gerak Kanal Muda tentu menjadi semakin terorganisasikan dengan menghubungkannya pada program terencana dalam peningkatan setiap organisasi yang terjejaring di dalamnya untuk semakin lebih berkembang. Hal ini dibarengi juga dengan perhatian besar pada sosial pendidikan yang menjadi fokus utama jejaring bersama ini untuk terus dibangun, dioptimalkan, dan dilanjutkan. Kerja pembangunan perspektif keberpihakan pada rakyat, mengabdi di tengah rakyat, serta kritik dan evaluasi penting untuk selalu dilakukan dalam setiap pergerakannya.

Kedelapan, Kanal Muda setidaknya telah dan akan semakin merumuskan berbagai perencanaan di lapangan organisasi, sosial, dan pendidikan untuk kerangka waktu yang disepakati. Prinsipnya adalah pengoptimalan peran gerak pemuda di tengah masyarakat yang terintegrasi pada persoalan hidup sehari-hari. Utamanya, di tiga lapangan tersebut. Koridornya sebagai jejaring bersama, Kanal Muda adalah wadah persatuan dan solidaritas untuk mencapai tujuan tersebut, sedangkan di level organisasi-organisasi yang berjejaring, peningkatannya berfokus pada arah gerak setiap organisasinya masing-masing, yang terhubung satu sama lain, dan saling menguatkan di antaranya.

Kesembilan, berbagai ruang kegiatan dan rangkaian pergerakannya ini, harapannya, pemuda, langkah, dan perjuangannya akan selalu memiliki nafas dan umur yang panjang. Kapanpun. Di manapun. (Mh)

Kanal Muda wadah persatuan berbagai kelompok muda untuk solidaritas sosial.