Tri Hariyono adalah Manajer Devisi Pemberdayaan Masyarakat Swara Nusa Institut Kulonprogo

Lima Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami

1 menit waktu baca

Bahan alami
Penyebaran virus corona membuat dunia waspada, tak terkecuali Indonesia. Pertumbuhan pasien dari waktu ke waktu semakin bertambah. Social atau Phsyical distancing menjadi salah satu cara untuk memperlambat penyebarannya. Selain itu, kita juga baiknya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, olahraga teratur, dan menjaga kebersihan. Salah satu caranya adalah mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman penyebab penyakit dan mencegah virus untuk menempel. Kebersihan tangan menjadi penting karena tangan kita banyak menyentuh benda yang tidak diketahui kebersihannya.

Pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait dengan dengan cara mudah membuat Hand Sanitizer dengan bahan alami dan mudah didapat disekitar kita. Berikut ulasannya:

1.Hand Sanitizer Alami dengan Lidah Buaya dan Minyak Esensial

Ini adalah cara termudah yang bisa kamu ikuti di rumah, Kita bisa langsung mencampurkan kandungan lidah buaya ke dalam alkohol dan langsung menggunakannya. Pastikan kandungan alkohol yang kamu gunakan lebih dari 60% agar efektif membunuh kuman di tangan. Kandungan lidah buaya berguna agar kulit tidak kering. Tambahkan minyak esensial lavender sedikit atau sesuai selera agar hand sanitizer lebih wangi.

Berikut cara membuatnya: Daging Lidah buaya: 25 % di blender sampai halus dan berbusa, kemudian tambahkan Alkohol 90%. Lalu mixer sampai tercampur semua. Saring dan simpan kedalam botol yang rapat.

2. Hand Sanitizer Alami dengan Cuka Putih

Biasanya cuka putih digunakan untuk tambahan penyedap rasa. Tetapi, ternyata cuka putih dapat digunakan sebagai bahan hand sanitizer alami. Saat kulit luka dan tidak ada alkohol untuk membersihkan, cuka putih bisa digunakan karena memiliki konsentrasi asam yang cukup tinggi. Sehingga dapat mengatasi masalah kulit seperti infeksi dari kuman dan bakteri.

Untuk membuat hand sanitizer, siapkan botol spray ukuran sedang. Campurkan cuka dengan sedikit air lalu simpan di dalam kulkas untuk menjaga kualitasnya.

3. Hand Sanitizer Alami dengan Lemon

Bahan dengan kandungan asam yang cukup tinggi lainnya adalah lemon. Cara membuat hand sanitizer alami dari lemon adalah campurkan air perasan lemon dengan sedikit air ke dalam botol spray ukuran sedang. Tidak hanya sebagai hand sanitizer yang dapat membunuh kuman, lemon juga bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.

4. Hand Sanitizer Alami dengan Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Cara membuat hand sanitizer alami ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan daun sirih dan kulit rambutan yang kemudian direbus masing-masing untuk mendapatkan ekstraknya. Daun sirih bersifat sebagai antiseptik dan kulit rambutan bersifat sebagai antioksidan. Kulit rambutan juga bisa diganti dengan kulit manggis karena memiliki khasiat yang sama. Setelah itu, campurkan keduanya ke dalam botol spray sesuai selera dengan perbandingan sama rata. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar kulit tetap terasa lembut.

5. Hand Sanitizer Alami dengan Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Selanjutnya, untuk membuat hand sanitizer alami di rumah, kamu memerlukan daun kemangi dan lidah buaya. Daun kemangi bersifat sebagai antiseptik dan lidah buaya bersifat antioksidan. Kupas lidah buaya haluskan bersama daun kemangi menggunakan blender. Saring bahan tersebut untuk mendapatkan ekstraknya. Larutkan daun jeruk bubuk ke dalam sedikit air sebagai pewangi lalu campurkan ke ekstrak daun kemangi dan lidah buaya. Masukkan hand sanitizer ke dalam botol spray ukuran sedang. Hand sanitizer pun siap digunakan. Selamat Mencoba.

Sumber Rujukan: Umah Lor Sleman dan beberapa refrensi lainnya.

(Artikel ini diambil dari Buletin Jagad Tani vol.2. versi lengkapnya bisa langsung diunduh di sini )

 

 

Tri Hariyono adalah Manajer Devisi Pemberdayaan Masyarakat Swara Nusa Institut Kulonprogo