Kanal Muda wadah persatuan berbagai kelompok muda untuk solidaritas sosial.

Kanal Muda Salurkan Paket Berbuka Untuk Kampung-Kampung

56 detik waktu baca

Berbagi Paket Berbuka Kanal Muda
Bulan Ramadhan dan situasi pandemi tak menyurutkan giat sosial masyarakat kita. Terhitung dari minggu awal puasa, Kanal Muda menerima paket berbuka untuk dialokasikan ke kampung-kampung. Kampung yang menjadi prioritas sebagaimana dimaksud adalah tempat yang selama ini menjadi aktifitas sosial dari beberapa relawan yang terlibat aktif dalam kegiatan Kanal Muda.

“Jadi kita biasanya dapet 50 – 100 nasi bungkus setiap hari yang ditentukan untuk dibagikan. Untuk pemberi nasi bungkusnya sendiri itu ada yang dari temen seniman, temen jejaring sosial kita, dan lain-lain.”, ucap Ardan, perwakilan Kanal Muda yang ditunjuk sebagai kordinator. Lebih lanjut, paket berbuka ini biasanya diberikan langsung ke kampung yang dituju sekitar satu sampai setengah jam sebelum waktu berbuka. Masyarakat yang menerima donasi berbuka ini mengaku senang dengan kegiatan tersebut. “Alhamdulillah, ada pembagian menu berbuka ini dari temen-temen yang biasanya bikin bimbel gratis sama adik-adik di RT sini. Jadi, nasi bungkusnya kita kasihkan ke rumah adik-adik yang di pinggir sungai ini sama pemuda-pemuda yang njaga portal masuk kampung.” Ucap Bu Dewi, perwakilan dari kampung Sendowo.

Kanal Muda dengan segala keterbatasannya berusaha terus melakukan yang paling mungkin untuk bisa dilakukan. Contoh kecilnya seperti menyalurkan menu berbuka ini. Terbilang sepanjang tanggal 22 April – 5 Mei sudah 147 paket berbuka sudah disalurkan. Jumlah ini seiring berjalannya waktu akan bertambah nantinya. Beberapa tempat yang sudah adalah di kampung Sendowo, kampung Tompean, kampung Blunyah Gede, desa Karangtalun, dan desa Karangtengah.

Meskipun kecil, harapan itu masih ada. Solidaritas sosial seakan-akan selalu menjadi api penerang jalannya. Panjang umur hal-hal baik. Semoga bisa terus bergiat untuk sesama. (mh)

 

 

Kanal Muda wadah persatuan berbagai kelompok muda untuk solidaritas sosial.