Kanal Muda wadah persatuan berbagai kelompok muda untuk solidaritas sosial.

Berita Duka dari Pejuang Tani dan sekali Lagi, Solidaritas Kaum Tani bukan Slogan

1 menit waktu baca

kpa x serbuk

Semarang – tepat 1 Mei 2020 kemarin, kawan-kawan anggota SBA SERBUK PT. Jaykay Files Indonesia mendapatkan paket donasi solidaritas dari kaum tani yang terhimpun dalam Forum Perjuangan Petani Batang (FPPB), mereka merupakan anggota dari Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA). Paket donasi solidaritas tersebut berupa beras sebanyak 1 ton dan singkong 5 kwintal yang merupakan hasil panen para petani di Batang.

Paket donasi ini merupakan wujud solidaritas kaum tani kepada kaum buruh yang terkena PHK oleh perusahaan dengan dalih pandemi covid19. Menurut Rudi Casrudi, Pengelola Lumbung Agraria KPA, “Kalau selama ini Petani memproduksi bahan pangan dan makanan, para buruh memproduksi sandang dan kebutuhan lain untuk para petani dan kita semua. Maka sudah selayaknya kita saling bantu.”

kpa x serbuk
kpa x serbuk

Proses penyerahan Beras dari Petani di Batang ini dialokasikan kepada basis Serikat Buruh Kerakyatan (SERBUK) Jawa Tengah yang berada di Semarang. Solidaritas ini sangat berharga sekali bagi kawan-kawan buruh yang di-PHK tanpa mendapatkan pesangon. Abdul Gopur dari SERBUK – Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) Jawa Tengah yang mewakili kawan-kawan anggota SBA SERBUK PT. Jaykay Files Indonesia (SERBUK PT. JKFI), mengapresiasi giat solidaritas yang dilakukan kawan-kawan FPPB – KPA, “Saya atas nama SERBUK JKFI dan KPBI sangat terharu dengan kepedulian kawan-kawan FPPB dan KPA. Solidaritas dari kawan-kawan sangat bermakna sekali bagi kami, semoga ini menjadi jalan lapang bagi persatuan kaum buruh dengan para petani dalam satu arah juang yang sama” ucap Gopur dalam momen penyerahan paket donasinya.

Solidaritas kaum tani yang tergabung dalam KPA itu merupakan wujud kerjasama antara KPA dengan KPBI dalam semangat rakyat bantu rakyat, di tengah minimnya bantuan dari Negara saat pandemi menerjang Negeri ini dua bulan terakhir. Selain berupa pemberian paket donasi, kerjasama antara KPA dengan KPBI juga diwujudkan dalam bentuk paket sembako murah, khususnya beras dan sumber karbohidrat lainnya seperti kentang dan singkong.

serbuk x kpa
serbuk x kpa

Seperti kita ketahui bersama, buruh adalah kelompok yang paling rentan saat terjadi kemerosotan ekonomi akibat pandemi Covid19. Hal ini seperti ditegaskan dengan rilis Kementerian tenaga kerja terakhir, sampai dengan tanggal 24 April kemarin sudah ada 2,8 juta buruh yang terPHK.

Bagi kaum buruh, kerjasama ini meneguhkan kembali siapa sahabat sejati kaum buruh. Buruh dan tani. Persahabatan sejati yang dipersatukan oleh musuh yang sama yaitu Imperialisme dan kekuasaan negara yang semena-mena.

Dan tepat kemarin(25/2). Bapak Sughandi, Ketua Forum Perjuangan Petani Batang (FPPB) wafat di usianya yang ke-67 tahun. Perjuangan dan dedikasinya untuk kaum tani telah meninggalkan pelajaran dan keteladanan yang begitu berharga untuk kita semua. Bahkan masih saja terkenang, selama masa pandemi ini mbah Gandhi masih turun langsung membantu mobilisasi donasi pangan petani Batang untuk didistribusikan kepada ratusan keluarga buruh yang mengalami PHK di Semarang.

Sebagaimana dituturkan Dewi Kartika, Sekjend KPA, “Bersama-sama anggota FPPB, mbah Gandhi konsisten memperjuangkan reforma agraria. Setiap peringatan Hari Tani Nasional (HTN) memimpin turun ke Istana memperjuangkan hak atas tanah bagi petani, tidak saja untuk petani Batang tapi juga menunjukkan solidaritasnya untuk perjuangan seluruh kaum tani Indonesia.”

Mari mengheningkan cipta sejenak. Terimakasih dan selamat jalan untuk tempatmu yang terbaik mbah Gandhi. Al-fatihah. (jrp&mh)

mbah gandhi kpa
mbah gandhi kpa
Kanal Muda wadah persatuan berbagai kelompok muda untuk solidaritas sosial.